SEJARAH MUSIK REGGAE

"Musik Jamaica Pendahulu"
Menurut sejarah Jamaica, budak yang membawa drum dari Africa disebut "Burru" yang jadi bagian aransemen lagu yang disebut "talking drums" (drum yang bicara) yang asli dari Africa Barat. "Jonkanoo" adalah musik budaya campuran Afrika, Eropa dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum, rattle (alat musik berderik) dan conch tiup. Acara ini muncul saat natal dilengkapi penari topeng. Jonkanoos pada awalnya adalah tarian para petani, yang belakangan baru disadari bahwa sebenarnya mereka berkomunikasi dengan drum dan conch itu.



Tahun berikutnya, Calypso dari Trinidad & Tobago datang membawa Samba yang berasal dari Amerika
Tengah dan diperkenalkan ke orang - orang Jamaika untuk membentuk
sebuah campuran baru yang disebut Mento. Mento sendiri adalah musik
sederhana dengan lirik lucu diiringi gitar, banjo, tambourine, shaker,
scraper dan rumba atau kotak bass. Bentuk ini kemudian populer pada
tahun 20 dan 30an dan merupakan bentuk musik Jamaika pertama yang
menarik perhatian seluruh pulaunya. Saat ini Mento masih bisa dinikmati
sajian turisme. SKA yang sudah muncul pada tahun 40 - 50an sebenarnya
disebutkan oleh History of Jamaican Music, dipengaruhi oleh Swing,
Rythym & Blues dari Amrik. SKA sebenarnya adalah suara big band
dengan aransemen horn (alat tiup), piano, dan ketukan cepat "bop". Ska
kemudian dengan mudah beralih dan menghasilkan bentuk tarian "skankin"
pad awal 60an. Bintang Jamaica awal antara lain Byron Lee and the
Dragonaires yang dibentuk pada 1956 yang kemudian dianggap sebagai
pencipta "ska". Perkembangan Ska yang kemudian melambatkan temponya
pada pertengahan 60an memunculkan "Rock Steady" yang punta tune bass
berat dan dipopulerkan oleh Leroy Sibbles dari group Heptones dan
menjadi musik dance Jamaika pertama di 60an.

"Reggae N Rasta"

Bob Marley tentunya adalah bintang musik "dunia ketiga" pertama yang jadi
penyanyi group Bob Marley & The Wailers dan berhasil memperkenalkan
reggae lebih universal. Meskipun demikian, reggae dianggap banyak orang
sebagai peninggalan King of Reggae Music, Hon. Robert Nesta Marley.
Ditambah lagi dengan hadirnya "The Harder they Come" pada tahun 1973,
Reggae tambah dikenal banyak orang. Meninggalnya Bob Marley kemudian
memang membawa kesedihan besar buat dunia, namun penerusnya seperti
Freddie McGregor, Dennis Brown, Garnett Silk, Marcia Fiffths dan Rita
Marley serta beberapa kerabat keluarga Marley bermunculan. Rasta adalah
jelas pembentuk musik Reggae yang dijadikan senjata oleh Bob Marley
untuk menyebarkan Rasta keseluruh dunia. Musik yang luar biasa ini
tumbuh dari ska yang menjadi elemen style American R&B dan
Carribean. Beberapa pendapat menyatakan juga ada pengaruh : folk music,
musik gereja Pocomania, Band jonkanoo, upacara - upacara petani, lagu
kerja tanam, dan bentuk mento. Nyahbingi adalah bentuk musik paling
alami yang sering dimainkan pada saat pertemuan - pertemuan Rasta,
menggunakan 3 drum tangan (bass, funde dan repeater : contoh ada di
Mystic Revelation of Rastafari). Akar reggae sendiri selalu menyelami
tema penderitaan buruh paksa (ghetto dweller), budak di Babylon, Haile
Selassie (semacam manusia dewa) dan harapan kembalinya Afrika. Setelah
Jamaica merdeka 1962, buruknya perkembangan pemerintahan dan pergerakan
Black Power di US kemudian mendorong bangkitnya Rasta. Berbagai
kejadian monumentalpun terjadi seiring perkembangan ini.

"Apa sih Reggae"

Reggae sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan
Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Gaya sintesis ini jelas
menunjukkan keaslian Jamaika dan memasukkan ketukan putus - putus
tersendiri, strumming gitar ke arah atas, pola vokal yang 'berkotbah'
dan lirik yang masih seputar tradisi religius Rastafari. Meski banyak
keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika),
pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerak namun bukan
aspek politis Rastafarinya. "Reg-ay" bisa dibilang muncul dari anggapan
bahwa reggae adalah style musik Jamaika yang berdasar musik soul
Amerika namun dengan ritem yang 'dibalik' dan jalinan bass yang
menonjol. Tema yang diangkat emang sering sekitar Rastafari, protes
politik, dan rudie (pahlawan hooligan). Bentuk yang ada sebelumnya (ska
& rocksteady) kelihatan lebih kuat pengaruh musik Afrika -
Amerika-nya walaupun permainan gitarnya juga mengisi 'lubang - lubang'
iringan yang kosong serta drum yang kompleks. Di Reggae kontemporer,
permainan drum diambil dari ritual Rastafarian yang cenderung mistis
dan sakral, karena itu temponya akan lebih kalem dan bertitik berat
pada masalah sosial, politik serta pesan manusiawi.

"Ngga asli Jamaika lho!"

Reggae memang adalah musik unik bagi Jamaika, ironisnya akarnya berasal dari
New Orleans R&B. Nenek moyang terdekatnya, ska berasal berasal dari
New Orleans R&B yang didengar para musisi Jamaika dari siaran radio
Amrik lewat radio transistor mereka. Dengan berpedoman pada iringan
gitar pas - pasan dan putus - putusadalah interprestasi mereka akan
R&B dan mampu jadi populer di tahun 60an. Selanjutnya semasa musim
panas yang terik, merekapun kepanasan kalo musti mainin ska plus
tarinya, hasilnya lagunya diperlambat dan lahirlah Reggae. Sejak itu,
Reggae terbukti bisa jadi sekuat Blues dan memiliki kekuatan
interprestasi yang juga bisa meminjam dari Rocksteady (dulu) dan bahkan
musik Rock (sekarang). Musik Afrika pada dasarnya ada di kehidupan
sehari-hari, baik itu di jalan, bus, tempat umum, tempat kerja ato
rumah yang jadi semacam semangat saat kondisi sulit dan mampu
memberikan kekuatan dan pesan tersendiri. Hasilnya, Reggae musik bukan
cuma memberikan relaksasi, tapi juga membawa pesan cinta, damai,
kesatuan dan keseimbangan serta mampu mengendurkan ketegangan.

"It's Influences"

Saat rekaman Jamaika telah tersebar ke seluruh dunia, sulit rasanya
menyebutkan berapa banyak genre musik popular sebesar Reggae selama dua
dekade. Hits - hits Reggae bahkan kemudian telah dikuasai oleh bintang
Rock asli mulai Eric Clapton sampai Stones hingga Clash dan Fugees.
Disamping itu, Reggae juga dianggap banyak mempengaruhi pesona tari
dunia tersendiri. Budaya 'Dancehall' Jamaika yang menonjol plus sound
system megawatt, rekaman yang eksklusif, iringan drum dan bass, dan
lantunan rap dengan iringannya telah menjadi budaya tari dan tampilan
yang luar biasa. Inovasi Reggae lainnya adalah Dub remix yang sudah
diasimilasi menjadi musik populer lainnya lebih luas lagi.

Read »

Kontroversi Rastafarian sebagai Agama Baru

 

    Kamis (22/3) siang, bertempat di Smart Room Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga, Komunitas Kembang Merak menyelenggarakan diskusi buku mengenai kaum Rastafarian. Melalui buku teranyarnya, Agama Rastafarian: Tuhan, Ganja, Rambut Gimbal, dan Perlawanan, Rehan Sapto Rosada bak meramalkan masa depan agama kaum Rasta. Perdebatan atas status Rastafarian—apakah ia adalah agama ataukah jalan hidup—pun mewarnai diskusi buku siang itu.
Rehan memulai acara dengan menjelaskan ihwal gerakan Rastafarian yang bermula di Jamaika pada 1930. Menurutnya, leksem Rastafarian berasal dari nama Kaisar Afrika, Haile Selassie I, yang lebih dikenal luas dengan julukan Ras Täfäri. Inti ajarannya adalah kembali ke tanah perjanjian (kaum Rasta menyebutnya “Sion”), Afrika, dan mengajak masyarakat ras negroid Afrika untuk hidup menyatu dengan alam.
Bahkan, untuk menentang diskriminasi atas perbedaan warna kulit, ras, dan agama, pada 1963, Haile Selassie I memberikan war speech. “Dalam pidatonya, ia menginginkan agar tidak ada bangsa inferior dan superior. Bila itu dipermasalahkan, akan selalu ada perang di seluruh dunia,” jelas Wobal Kincai, pelaku reggae Yogyakarta dan pemerhati rastafarian.
Gerakan Rastafarian kemudian berkembang terutama setelah Marcus Garvey menganjurkan agar mereka lepas dari jajahan masyarakat kulit putih. “Dalam sejarah, ada satu hal yang tetap, yaitu penindasan,” ungkap panelis, Jimmy Jeniarto. Menurutnya, penindasan ekonomi politik menggiring pada perlawanan, baik itu perlawanan dalam bentuk agama, budaya, ataupun ideologi sekuler.
Bermula sebagai the way of life, Rastafarian terkenal dengan enam ciri utama: konsumsi ganja, dreadlocks, makanan ital, empat warna bendera, simbol heksagram, dan jubah bergambar Lion of Judah. Rehan memaparkan keenamnya sebagai wujud ritual kaum Rastafarian. “Rastafarian bisa dianggap mengarah berubah menjadi agama budaya karena sudah dianut begitu banyak orang dan punya ritual,” ujar Rehan.
Menurut Rehan, kaum Rasta mengonsumsi ganja sebagai bentuk penghormatan pada ajaran Tuhan dalam kitab mereka. Bahkan, untuk mengolok-olok penindasan yang dilakukan masyarakat kulit putih, kaum Rasta menyesap ganja sembari membaca injil kaum Kristiani. Dengan dreadlocks (bentuk rambut gimbal), mereka mengunci rasa takut dari perintah Tuhan dan menggunakannya sebagai reaksi penolakan atas kapitalisme.
Sementara itu, Rehan menambahkan, untuk hidup, kaum Rasta sepenuhnya bergantung pada alam, mereka menyebutnya ital foods, yang berakar dari kata ‘vital’.  Mereka pun—dengan musik reggae-nya yang populer—identik dengan warna merah, hijau, emas, dan hitam; merah berarti martir, hijau bermakna kedekatan dengan alam, emas menunjukkan kekayaan Afrika, dan hitam untuk menyampaikan bahwa gerakan tersebut diprakarsai oleh orang kulit hitam. Umumnya, kaum Rasta dekat dengan simbol heksagram yang melambangkan Raja David dan Lion of Judah yang menjadi perlambang Ketuhanan dalam kitab mereka.
Semua ciri tersebut, ditambah dengan kepercayaan Kaum Rasta terhadap Ras Täfäri sebagai juru selamat, menunjukkan benih-benih Rastafarian sebagai bentuk agama baru.  “Bahkan, UNICEF di tahun 1996 menyepakati Rastafarian sebagai suatu gerakan religius,” tambah Rehan.
Di lain pihak, Wobal, yang juga bergiat sebagai pengelola laman situs Nusareggae.or.id, menolak penyebutan Rastafarian sebagai agama. “Bahkan ketika saya menghubungi seorang teman, mereka menganggap Rastafarian sebagai livity, dari bahasa Patois, yaitu ringan seperti cahaya,” tuturnya. Namun, tambahnya, tidak semua orang berciri khas Rastafarian menganut jalan hidup itu sepenuhnya.
Karena menurut Wobal, walau masyarakat umum biasa mengasosiasikan musik reggae dengan Rastafarian, kaum Rasta sendiri tidak menggunakan reggae sebagai musik dalam ritualnya. Di perkampungan Bobo Shanti—di mana sekte Rastafarian terbesar berkumpul—mereka biasa melantunkan lagu-lagu pujian (chants) a la Nyanbinghi. Adalah film The Harder They Come yang banyak berisikan soundtrack bergenre reggae-lah yang awalnya menyebarkan musik reggae ke seluruh dunia. Dari sana kelihatan, tidak semua pemusik regga  juga adalah seorang Rastafarian. “Tapi, banyak musisi awal reggae yang memang menggunakan spirit Rastafarian dalam karyanya, seperti Bob Marley, Peter Tosh, Bunny Wailers, dan Lee “Scratch” Perry,” tutur Wobal.
Menjelang akhir acara, Babon, seorang peserta diskusi yang menggemari reggae dan berambut gimbal, turut menyampaikan penolakannya.  Menurutnya, kaum Rasta tentu akan menolak keras penyebutan Rastafarian sebagai agama. Kaum Rasta mempercayai roots setiap manusia adalah sebagai seorang rasta. Bila ditanyai sejak kapan menjadi Rastaman, mereka cenderung akan menjawab “From ever since”. “Rastafarian itu filosofi mistik tentang cinta, perdamaian. Sekarang pertanyaannya, kita mau enggak menempuh jalan itu?”
Read »

Jeritan Suara Hati Anak Bangsa

     Merespon kabar harga BBM di Indonesia yang akan dinaikan pada tanggal 09 juni 2013 banyak sekali suara-suara yang menolak, mengecam, maupun memprotes serta mendemo secara besar-besaran atas tindakan pemerintah tersebut.
Penduduk Indonesia menganggap bahwa ini semua tidak adil, bagi rakyat kecil.
Dan juga berita mengenai kenaikan Harga BBM tahun 2013 ini membuat pro dan kontra dari berbagai pihak. Karena kenaikan harga BBM pastinya akan mempengaruhi kenaikan harga bahan pokok di pasaran. Berbagai macam aksi penolakan harga BBM terus di lakukan oleh berbagai kalangan baik mahasiswa, buruh maupun pihak lainnya.

Bukan hanya tentang kenaikan harga BBM yang terjadi di Indonesia tapi kasus Korupsi yang semakin merajarela di kalangan pemerintah akhir-akhir ini. "Kucing apa yang di kasih ikan gak menolak"
Berikut beberapa contoh Jeritan Suara-Suara Hati Anak Bangsa yang memprotes para Koruptor dan kabar tentang kenaikan harga BBM :

    "Sharusnya mereka-mereka itu prihatin sma kondisi ekonomi orang-orang yg serbah kekurangan. Mereka kerja keras dengan keringat yang bercua-cuarr di pipi mereka. Hanya untuk sesuap nasi agar ada yang mengganjal perut mereka supaya tidak kelaparan dan dapat tidur dengan nyenyak lalu kemudian besok pagi harus bangun dan mleakukan kembli aktivitas yang sama. Sedangkan, orang yang cuma ongkang-ongkang kaki lalu kemudian bisa dapat uang yang banyak.."

" Seharusnya para koruptor bangsa ini bisa menyempatkan waktunya untuk sejenak berdiri di atas puncak gunung, tidak hanya duduk di atas kursi yang percuma itu saja, agar mereka tahu tata cara berdekat-dekatan dengan tuhanya adalah dengan menikmati keindahan ciptaanNya."

    "Makanya,pemerintah jangan membudidayakan korupsi turun temurun,tapi wariskanlah kejujuran,tekun,ulet dalam berkerja dan berusaha....jadi tadak ada yang namanya korupsi 7 turunan. Kala sudah pada demo sana sini kan repot jadinya......."

"MENAIKAN BBM BUKAN MENJADI PENYELESAIAN MASALAH... JUSTRU MENIMBULKAN MASALAH BARU :D"

    "kalo demo dengan cara anarkis gitu jangan bawa nama mahasiswa, karena cara seperti itu ngga mencerminkan sikap orang berpendidikan...orang tua biayai kita kuliah untuk jadi orang berpendidikan, bukan untuk jadi perusuh."

"smua pada bodoh.. ngapain si cape-cape demo tolak kenaikan BBM, kan naiknya tgl 8 juni.  masih aja pada percaya =))"

     "Makanya itu mereka hidup dengan kemewahan dengan hasil korupsi yg luar biasa banyaknya yang dapat menelantarkan sodara-sodaralita yang sekarang hidup masih butuh bantuan,mereka menikmati hak yang bukan miliknya hausnya mereka malu dengan sodara-sodara kita yang masih di bilang pendidikan mereka masih terbatas,mereka yang pendidikanya yang hilang sama sekali luar biasa tapi apa nyatanya pendidikan sodara-sodara kita yang harusnya diberi jempol karna mereka lebih bijaksana untuk mengikhlaskn apa yang harus jadi milik mereka dan dan di berikan kepada mereka yang tidak bertanggung jawab
Di atas merupakan beberapa contoh dari sekian banyaknya jeritan-jeritan suara hati anak bangsa. Inilah kehidupan penuh dengan goda'an dan tipuan, siapa yang kuat akan bertahan tapi yang lemah akan berantakan (salah satu Lirik lagu BF2B :D )

 Semoga keada'an Negara Indonesia di bidang ekonomi segera membaik, sehingga tidak ada yang di rugikan maupun diuntungkan. Dan juga semoga para pemerintah yang berada di atas akan mempunyai kesadaran serta tanggung jawab yang berwibawa terhadap tugasnya. Kemudian semoga para Anak Bangsa dapat menjadi generasi penerus bangsa yang dapat memajukan bangsa Indonesia. Aminn,,,Aminnn,,,Aminn,,, :)

Read »

Suara Hati Anak Jalanan

      Aku menatap kaca mobil mewah itu dengan tangan terbuka.
Berharap mendapat belas kasihan dari si orang kaya ini. Berharap satu lembar uang ribuan atau satu koin 500an untuk aku berikan pada orang tuaku.
Aku sebenernya tak suka seperti ini.

Aku lebih suka bermain-main bersama-sama teman sebayaku, atau pergi ke sekolah beramai-ramai seperti yang di lakukan anak-anak lain seumurku.
Aku tak mengerti kenapa orang tuaku menyuruhku turun ke jalan dan menapaki hidup setiap hari di pinggir jalan seperti ini.


Tak terhitung berapa kali knalpot panas dari motor yang sedang berhenti di lampu merah itu mengenai kakiku dan membuatnya semakin hari semakin coreng moreng di tubuhku yang sudah menghitam legam karena cahaya matahari yang selalu membakar tubuhku.
Banyak orang menatapku dengan iba, tapi hanya sebatas itu. Mereka lalu pergi dan mengabaikanku.
Tapi ada juga beberapa orang yang berbaik hati menghampiriku, tersenyum tipis dan memberiku lembaran ribuan atau recehan.
Aku tak suka tidur dipinggir jembatan busway itu, atau di kolong jembatan ini.
Aku tak suka semua kekotoran yang menempel di tubuhku ini.
Aku benar-benar tak suka.
Tapi aku tak mengerti bagaimana caranya supaya aku bisa seperti anak-anak lain yang tubuhnya bersih dan terawat. Berjalan bergandengan tangan bersama ayah dan ibunya dengan penuh canda tawa dan kebahagiaan.
Aku? Melihat wajah ibuku saja aku hanya malam hari. Dan dia pun sudah tertidur. Mungkin dia juga lelah.
Aku tak pernah mengenal dan mengerti arti kasih sayang.
Akh.. kenapa mereka mengatakan aku nakal?
Aku hanya tidak mengerti bagaimana berkata-kata dan bersikap yang baik.
Ayah-ibu dan lingkunganku tak pernah mengajariku untuk bisa berlaku “baik”.
Aku hanya mencontoh orang-orang disekitarku yang sering aku lihat dan aku hadapi.
Aku sungguh heran mendapati diriku setiap hari bisa bangun dan terjaga dalam tubuh yang masih sehat.
Aku tak tau kekuatan dari mana yang membuatku terus bertahan menapaki hidup dan kerasnya arus hidup jalanan.
Pernah terdengar olehku, ada Tuhan dan malaikat-NYA yang menjagaiku selalu.
Akh.. aku tak tau itu..
Aku tak pernah melihat-NYA.
Tapi pasti ada yang menjagaiku ketika aku tertidur lelap karena kelelahan.
Catatan:
Aku pribadi merasa berat menuliskan ini.
Pasti apa yang dirasakan anak-anak jalanan yang malang itu lebih-lebih dari apa yang aku tuliskan di atas.
Anak-anak yang seharusnya masih bermain bersama teman-teman sebayanya sudah harus turun ke jalan dan mencari uang.
Tentu mereka kurang berkembang..
Tubuhnya, otaknya, perilakunya, sopan santunnya, spiritualitasnya..
Sedih sekali melihat di jakarta ini banyak sekali anak-anak jalanan yang terlantar dan tak terurus.
Mereka bertumbuh setiap harinya -sendiri-.
Tak ada tuntunan yang benar dan baik dari orang tua maupun dari lingkungannya.
mereka terlalu dini mengenal kerasnya hidup :(
Duh.. apa yang bisa aku lakukan?
Read »

Copyright © Kreasi Anak Reggae

Designed by