Suara Hati Anak Jalanan

Posted By: ipink - 8/27/2013 08:30:00 am
      Aku menatap kaca mobil mewah itu dengan tangan terbuka.
Berharap mendapat belas kasihan dari si orang kaya ini. Berharap satu lembar uang ribuan atau satu koin 500an untuk aku berikan pada orang tuaku.
Aku sebenernya tak suka seperti ini.

Aku lebih suka bermain-main bersama-sama teman sebayaku, atau pergi ke sekolah beramai-ramai seperti yang di lakukan anak-anak lain seumurku.
Aku tak mengerti kenapa orang tuaku menyuruhku turun ke jalan dan menapaki hidup setiap hari di pinggir jalan seperti ini.


Tak terhitung berapa kali knalpot panas dari motor yang sedang berhenti di lampu merah itu mengenai kakiku dan membuatnya semakin hari semakin coreng moreng di tubuhku yang sudah menghitam legam karena cahaya matahari yang selalu membakar tubuhku.
Banyak orang menatapku dengan iba, tapi hanya sebatas itu. Mereka lalu pergi dan mengabaikanku.
Tapi ada juga beberapa orang yang berbaik hati menghampiriku, tersenyum tipis dan memberiku lembaran ribuan atau recehan.
Aku tak suka tidur dipinggir jembatan busway itu, atau di kolong jembatan ini.
Aku tak suka semua kekotoran yang menempel di tubuhku ini.
Aku benar-benar tak suka.
Tapi aku tak mengerti bagaimana caranya supaya aku bisa seperti anak-anak lain yang tubuhnya bersih dan terawat. Berjalan bergandengan tangan bersama ayah dan ibunya dengan penuh canda tawa dan kebahagiaan.
Aku? Melihat wajah ibuku saja aku hanya malam hari. Dan dia pun sudah tertidur. Mungkin dia juga lelah.
Aku tak pernah mengenal dan mengerti arti kasih sayang.
Akh.. kenapa mereka mengatakan aku nakal?
Aku hanya tidak mengerti bagaimana berkata-kata dan bersikap yang baik.
Ayah-ibu dan lingkunganku tak pernah mengajariku untuk bisa berlaku “baik”.
Aku hanya mencontoh orang-orang disekitarku yang sering aku lihat dan aku hadapi.
Aku sungguh heran mendapati diriku setiap hari bisa bangun dan terjaga dalam tubuh yang masih sehat.
Aku tak tau kekuatan dari mana yang membuatku terus bertahan menapaki hidup dan kerasnya arus hidup jalanan.
Pernah terdengar olehku, ada Tuhan dan malaikat-NYA yang menjagaiku selalu.
Akh.. aku tak tau itu..
Aku tak pernah melihat-NYA.
Tapi pasti ada yang menjagaiku ketika aku tertidur lelap karena kelelahan.
Catatan:
Aku pribadi merasa berat menuliskan ini.
Pasti apa yang dirasakan anak-anak jalanan yang malang itu lebih-lebih dari apa yang aku tuliskan di atas.
Anak-anak yang seharusnya masih bermain bersama teman-teman sebayanya sudah harus turun ke jalan dan mencari uang.
Tentu mereka kurang berkembang..
Tubuhnya, otaknya, perilakunya, sopan santunnya, spiritualitasnya..
Sedih sekali melihat di jakarta ini banyak sekali anak-anak jalanan yang terlantar dan tak terurus.
Mereka bertumbuh setiap harinya -sendiri-.
Tak ada tuntunan yang benar dan baik dari orang tua maupun dari lingkungannya.
mereka terlalu dini mengenal kerasnya hidup :(
Duh.. apa yang bisa aku lakukan?

About ipink

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Kreasi Anak Reggae

Designed by