Sejarah Cannabis Dalam Islam

Posted By: ipink - 11/21/2013 10:57:00 am
http://rastayoman.blogspot.com/2013/11/sejarah-cannabis-dalam-islam-sufi.html 
Sejarah Cannabis dalam Islam: Sufi Tokers and The Green Saint Part. II

    Mereka berasal dari abad kedelapan dan dikenal oleh sejarahwan ganja Ernest Abel sebagai “The Hppies of the Arab world”
The Hippies of the Arab world

Sebagian alasan kenapa akhirnya ganja dilarang di beberapa negara Muslim, dikarenakan adanya hubungan tanaman ganja dengan sekte yang menyimpang dari kebiasaan Islam pada saat itu. Apakah para Sufi adalah salah satu dari kelompok-kelompok itu? Mereka berasal dari abad kedelapan dan dikenal oleh sejarahwan ganja Ernest Abel sebagai “The Hippies of the Arab world”  - Hippi Dunia Arab. Para Sufi menggunakan ganja, bersama dengan anggur dan kopi untuk merangsang kesadaran mistis dan apresiasi dari sifat alamiah Allah.

Sufi sebenarnya dianggap sebagai penemu minuman kopi, dimana mereka konsumsi dengan seduan khas yang memungkinkan mereka untuk tetap bangun selama berjam-jam untuk bernyanyi dan berseru. Sebuah catatan sejarah Arab menceritakan bagaimana seorang pengembara sufi mengungkapkan cara mempersiapkan minuman ini kepada seorang wanita Muslim, dengan menyeduhkan panci di hookah-yang berisi hasish.

Ganja dibuat menjadi obat kunyah yang disebut ma’joun, dan para Sufi yang memakan ganja (hasish) dianggap melakukan sebuah tindakan beribadah.  Manfaat dari penggunaan ganja yang mereka klaim diantaranya pencerahan terhadap diri sendiri yang sulit ditemukan, kebahagiaan, tawa dan canda, mengurangi kegelisahan dan kekhawatiran serta peningkatan apresiasi terhadap music. Tapi yang paling penting, sebagai yang telah dicatat oleh para Sufi Al-Is'irdi, tentang ganja adalah "rahasia" dari ramuan, yang memungkinkan "jiwa untuk naik ke titik tertinggi dalam peningkatan pemahaman tentang roh surgawi”. Karena alasan ini beberapa yang lebih cenderung mistis dari para Sufi lebih memilih ganja dibanding anggur.

    Tapi yang paling penting ganja adalah "rahasia" dari ramuan, yang memungkinkan "jiwa untuk naik ke titik tertinggi dalam peningkatan pemahaman tentang roh surgawi”

Dalam essaynya Islamic Heresy, Wilson menjelaskan bahwa “Penyair Sufi Fuzuli Turki menulis sebuah risalah tentang Bang dan Anggur di mana ia menyatakan bahwa anggur adalah seorang murid penuh gairah yang kian terus membakar dunia, namun ganja (hashish) adalah diri dari guru Sufi.  Anggur menunjukkan jalan menuju ke Pertapaan Syaikh Cinta tapi ganja itu sendiri adalah tempat perlindungan. Setelah seorang Sufi Basra mulai mengkonsumsi ganja secara teratur, syekhnya menyadari bahwa dia telah mencapai derajat tertinggi kesempurnaan dan tidak lagi berdiri untuk memberi pengarahan. Ini (menurut Fuzuli) membuktikan ganja yang bentuk sempurna, dicari oleh umat manusia dengan segala kerelaan & keinginan hati. Hal ini mungkin bukan yang sempurna untuk semua orang, namun yang pasti sempurna untuk para pencari pengalaman mistis.

Shayk Haydar, Sufi hash-head

Menurut legenda, ganja pertama kali diperkenalkan ke kaum Sufi oleh Haydar Shayk, (1155-1221), pendiri Persia salah satu sekte keagamaan mereka. Cerita mengatakan bahwa setelah bertahun-tahun diam Pertapa, Haydar suatu hari memutuskan untuk meninggalkan biaranya. Pada saat dia berjalan di gurun, dia melihat tanaman yang tampak bersinar dan menggigil saat bersemayam di ketenangan gurun panas. Penasaran akan tanaman misterius ini, ia merasa terdorong untuk mencicipi daun dan bunganya.

Pria yang biasanya pendiam dan tenang ini, ketika kembali ke biaranya para murid-murid takjub melihat betapa aktif dan semangat dia berbicara. Setelah membujuk Haydar untuk memberitahu apa yang telah membuatnya begitu senang, murid-muridnya melarikan diri ke gurun untuk mencoba tanaman ajaib tersebut.

Setelah kembalinya para pengikut baru tanaman ini, Haydar membuat mereka mengambil sumpah untuk tidak mengungkapkan misteri dari tanamanan itu, ia berkata:

    “Allah telah memberikanmu berkah untuk mengetahui rahasia daun ini. Jadi, ketika kamu makan ini, kekhawatiran mungkin akan hilang dan pemikiran kalian dipoles untuk menjadi mulia”

Setelah sepuluh tahun hidup sebagai seorang Psychedelic Sufi Syekh, yang khususnya mendidikasikan hidupnya untuk mempersiapkan ganja, Haydar berlalu, meninggalkan permintaan bahwa benih dari tanaman suci ini ditabur sekitar makamnya, sehingga dalam kematianpun dia masih bisa menikmati teduhan dari daun-daunnya dan aroma dari bunga-bunganya.

About ipink

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Kreasi Anak Reggae

Designed by