Efek Samping Menghisap Ganja

Posted By: ipink - 11/10/2013 01:54:00 am
http://rastayoman.blogspot.com/2013/11/jangan-anggap-sepele.html
Para pakar kesehatan Inggris memperingatkan bahwa mengisap ganja bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sayangnya, masih banyak publik Inggris yang masih memandang remeh resiko kesehatan akibat mengisap ganja.
British Lung Foundation (BLF) atau Yayasan Paru-paru Inggris mengadakan survei terhadap 1.000 orang dewasa dan hasilnya mengungkapkan bahwa sepertiga responden menyatakan bahwa ganja tidak berbahaya bagi kesehatan.

BLF mengatakan bahwa minimnya pemahaman akan bahaya ganja ini berada pada tingkat yang mengkhawatirkan.
Data terbaru mengungkapkan bahwa 30 persen dari orang berusia 16-59 tahun di Inggris dan Wales pernah mengisap ganja.

Laporan terbaru dari BLF menyatakan bahwa ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya hubungan antara mengisap ganja dengan penyakit TBC, bronchitis akut dan kanker paru-paru.
Ganja juga terbukti bisa meningkatkan peluang terkena gangguan kesehatan mental, seperti schizophrenia.

Menurut para ahli, sebagian alasannya adalah karena orang yang mengisap ganja menarik napas lebih panjang dan menahannya lebih lama ketimbang ketika mereka mengisap rokok tembakau.

Ini berarti bahwa seseorang yang merokok ganja mengisap tar empat kali lebih banyak daripada sebatang rokok tembakau, dan mengisap karbon monoksida lima kali lebih banyak, ungkap BLF.

Survei mereka juga menemukan bahwa khususnya anak-anak muda belum menyadari resiko berbahaya ini.
Hampir 40 persen responden berusia di bawah 35 tahun -kelompok usia yang paling banyak mengisap ganja- yang disurvei mengira ganja tidak berbahaya.

BLF mengingatkan bahwa setiap rokok ganja yang mereka isap akan meningkatkan peluang munculnya kanker paru-paru sama halnya seperti mengisap satu bungkus rokok berisi 20 rokok tembakau.

"Ini sebuah peringatan bahwa ketika penelitian terbaru dilakukan untuk mengungkap beragam gangguan kesehatan akibat mengisap ganja, kesadaran publik mengenai betapa berbahayanya ganja ini masih sangat rendah dan ini membahayakan," sahut Kepala Eksekutif BLF, Dame Helena Shovelton, sepereti dikutip dari BBC, Rabu (6/6).
"Ini bukan masalah sepele -ganja merupakan salah satu yang paling banyak dipakai sebagai obat-obatan untuk hiburan di Inggris, terbukti hampir sepertiga dari populasi Inggris pernah mencoba mengisap ganja."

"Oleh karena itu kami perlu melakukan kampanye kesehatan publik yang serius yang bisa membantu meningkatkan kesadaran akan bahayanya makan makanan berlemak atau mengisap tembakau, hingga akhirnya menghilangkan mitos masa lalu bahwa mengisap ganja tidak berbahaya."

Laporan BLF juga mengungkapkan bahwa sebaiknya diadakan sebuah program edukasi publik untuk meningkatkan kesadaran akan dampak buruk dari mengisap ganja dan dinaikkannya anggaran untuk kegiatan penelitian mengenai gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari mengisap ganja.

About ipink

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Kreasi Anak Reggae

Designed by