Vespa Dan Reggae

Posted By: ipink - 8/24/2013 08:32:00 pm
Reggae INDONESIA

     Disini kita akan mengupas tuntas tentang vespa dan musik reggae.. dan menambah wawasan kita tentang apa itu vespa dan apa itu musik reggae
Mari kita semua membuka hati. Inilah Reggae Indonesia, Reggae kita semua!
Saya berpikir, satu sama lain janganlah memaksakan kehendak. Reggae memang musik Rebel. Tapi apakah salah, ketika orang menikmati musik Reggae hanya untuk kesenangan semata? Kesenangan yang saya maksudkan di sini adalah kepuasan batin secara pribadi terhadap irama musik Reggae.

Ingat saudara-saudaraku, mengutip lirik Ras Muhamad - Duta Reggae Indonesia, Reggae bukan hanya Bob Marley saja. Saya sangat setuju sekali terhadap Anda yang dengan setia meproklamirkan Musik Reggae adalah Musik Rebel. Tapi, pada kenyataannya, Musik Reggae lahir sebagai proses bermusik para musisi di Ranah Jamaika.
Ingatkah Anda semua, dengan lagu Do The Reggay...

DO THE REGGAY (TOOTS & THE MAYTALS)
I got a rich one (yeah)... Aku punya satu kekayaan
Do you love me? (yeah)... Apakah kau mencintaiku?
Do you really want me? (yeah)... Anda benar-benar menginganku?
with all your heart (yeah)... Dengan sepenuh hati
I want to do the reggay (yeah)... Saya ingin melakukan Reggay
With you (yeah)... Denganmu
Come onto me (Let's)... Datang kepadaku
Do the dance (yeah)... Melakukan tarian
Is this the new dance? (yeah)... Apakah ini tarian
baru?

Going around the town? (yeah)... Terjadi di seluruh kota?
We can move you baby (then)... Kami dapat menggerakkan Anda
Do the reggay (x2)... Lakukan Reggay (Reggae)
reggay reggay reggay... Reggay (Reggae Reggae Reggae)
La la la la la laaaa


       Itulah lagu Reggae pertama, yang memberikan gambaran tentang entitas dari kata Reggae (yang berawal dari kata Reggay) yang lebih mengidentikkan kepada sebuah tarian. Saya memberikan sebuah apresiasi yang besar kepada saudara-saudaraku yang telah meneriakkan Rebel dalam Reggae Indonesia, dengan mengadopsi syair-syair lagu Bob marley. Tapi saya akan memberikan apresiasi yang lebih besar ketika Anda tidak memaksakan kehendak agar orang lain ikut dengan Anda untuk meneriakkan itu semua. Tidak ada salahnya, bila sesorang menikmati Reggae hanya untuk kepuasan dirinya semata.

Saya sangat miris ketika orang yang sering mengadopsi kata Jah Bless pada setiap posting ataupun komennya. Perlu diingat, Reggae ataupun Rebel bukanlah Rasta, begitupun sebaliknya. Kita tidak harus mengucapkan kata Jah Bless, ketika kita mengikrakan diri sebagai seorang yang mencintai musik Reggae ataupun sebagai seorang yang Rebel. Kita semua masih memiliki Agama masing-masing. Kata Jah adalah sebuah singkatan dari kata Jehovah, sebuah sebutan untuk Tuhan bagi Kaum Rastafarian yang mengkultuskan Haile Selassie I sebagai Tuhan mereka.
Reggae, Rebel, dan Rastafarian adalah tiga unsur yang sangat melekat pada diri Bob Marley sebagai Musisi Legenda Dunia (Reggae), Tokoh Pergerakan Jamaika (Rebel), dan Pendakwah Ajaran Rastafarian melalui lagu-lagunya (Rasta). Sehingga kita semua harus bisa menafsirkan dengan akal sehat dan kondisi yang tepat atas semua lirik dari lagu-lagu Bob Marley.

Bahkan secara tidak langsung, Ganja merupakan warisan Bob Marley sebagai penghayat Rastafarianisme. Namun sangat disayangkan, banyak orang yang melihat Ganja dan Bob Marley adalah Reggae. Bagi saya, Ganja dan Bob Marley adalah Rastafarianisme. Begitu juga dengan Rebel. Rebel dan Bob Marley adalah Pergerakan di Jamaika. Sedangkan Reggae dan Bob Marley adalah Jamaican Music, karena Bob Marley juga pernah bermain Ska dan Rocksteady, yang lebih awal lahir dan populer di Jamaika. Inilah fakta, mengapa banyak orang melihat Reggae, Rebel, dan Rasta adalah satu kesatuan. Hal itu menjadi benar adanya ketika kita meneropong sosok Bob Marley. Tapi ketika kita bahas secara satu persatu pada kata Reggae, Rebel, dan Rasta; Sesungguhnya itu semua memiliki sekat yang memisahkan dan seharusnya memang tidak dibahas secara komprehensif dalam satu pembahasan.

Reggae adalah Jamaican Music yang lahir sebagai proses dari kejenuhan para musisi Jamaika ketika memainkan irama Ska dan Rocksteady yang memiliki beat lebih cepat. Rebel adalah pergerakan yang dilatarbelakangi oleh keadaan hidup Bob Marley dan Jamaika yang diwarnai oleh penindasan dan penjajahan Kaum Babylon terhadap penduduk Jamaika. Rasta adalah ajaran yang dianut oleh Bob Marley, di mana pada ajaran itu Kaisar Ethiopia (1930-1974), Haile Selassie I (yang memiliki nama asli Ras Tafari Makkonen) dianggap sebagai Raja diraja, Tuan dari segala Tuan dan Singa Yehuda sebagai Jah (nama untuk Allah bagi Kaum Rastafarianisme, yang merupakan bentuk singkat dari Yehovah yang ditemukan dalam Mazmur 68:4 dalam Alkitab versi Raja James).

Intinya; Reggae, Rebel, dan Rasta merupakan kata yang dapat dipisahkan. Kalau Anda memaksakan orang untuk Rebel, karena Bob Marley meneriakkan kata Rebel; Apakah Anda juga ingin memaksakan ajaran Rastafarianisme dengan meneriakkan kata Jah Bless?
Ingat saudara-saudaraku, kita semua memiliki agama dan kebebasan. Tidak mudah untuk menjadi seorang Rastafarianisme dan menerjemahkan kata kebebasan. Rastafarianisme adalah ajaran hidup yang dilatarbelakangi oleh tuntutan kebebasan dan bukan sekadar mengucapkan Jah Bless.

Reggae Indonesia kini juga sudah memiliki beberapa Musisi Besar dan memiliki fatwa-fatwa dalam lirik-liriknya. Sebut saja, Tony Q Rastafara, Mas Anies Saichu, Asian Roots, Steven Jam, Gangstarasta, Ras Muhamad, Richard D'Gillis, The Paps, Another Project, Marapu, Lodse', Burger Time, dan masih banyak yang lainnya. Bagi saya, lirik-lirik mereka lebih relevan dengan situasi dan kondisi bangsa kita.

Mari budayakan: Keregaean yang adil dan beradab. Reggae adalah musik kebebasan. Tentu saja kebebasan yang bertanggung jawab.

Saya tidak minum alkohol bukan karena saya seorang Rastafarianisme (Karena di dalam Rastafarianisme dilarang untuk mengonsumsi alkohol). Saya juga tidak mengganja. Tidak untuk berhura-hura ataupun yang dilakukan oleh Bob Marley sebagai seorang Rastafarianisme untuk lebih mendekatkan kepada Jah-nya; Sekali lagi karena memang saya bukan seorang Rastafarian, maka saya tidak menghisap ganja. Tapi tanpa itu semua, saya masih bisa menyukai dan menikmati Reggae.

Salam Damai Reggae Indonesia!
http://rastayoman.blogspot.com/

About ipink

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Kreasi Anak Reggae

Designed by